Jenis Pekerjaan Berikut Ini Mungkin Akan Cocok Bagi Penyandang Disabilitas

Sebagai penyandang disabilitas, banyak tantangan yang harus dihadapi, mungkin melebihi non-disabilitas. Kaum difabel biasanya telah mendapat diskriminasi karena perbedaan yang dimilikinya. Difabel biasanya dianggap tidak mampu melakukan apapun, sehingga kesempatan bekerja yang diberikan  cukup minim. Padahal kenyataannya, mereka hanya memiliki keterbatasan pada bidang-bidang tertentu. Mereka masih tetap bisa berkarya, menciptakan hal-hal yang berfungsi bagi kehidupan sehari-hari.

Kini diskriminasi terhadap penyandang disabilitas semakin berkurang. Pemerintah bekerja keras untuk menghapus konsep ‘disabilitas tidak bisa melakukan apapun’. Sebaliknya, pemerintah melindungi hak disabilitas dan gencar menciptakan lapangan pekerjaan serta aktivitas yang bisa diikuti oleh penyandang disabilitas. Salah satunya dengan mengikutsertakan kaum difabel pada kejuaraan Para Games yang diadakan beberapa tahun sekali, untuk membuktikan kepada masyarakat Indonesia bahwa difabel tidak selamanya lemah. Malah mampu memberikan inspirasi bagi banyak orang.

Dalam kehidupan sehari-hari, penyandang disabilitas pun mampu bekerja dengan baik. Namun bila masih mengalami kebingungan, berikut ini panduan untuk memilih karir yang sesuai bagi penyandang disabilitas :

– Operator telepon
Pekerjaan ini memerlukan keterampilan khusus, seperti mampu berbicara dala bahasa asing dan kemampuan tinggi dalam komunikasi. Penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda bisa mempertimbangkan hal ini, karena tidak perlu banyak bergerak selama bekerja.

– Bekerja di bidang pemerintahan
Pemerintah telah menetapkan aturan agar perusahaan dan instansi pemerintahan wajib mempekerjakan difabel sebanyak 1% dari total karyawan yang dimiliki. Bahkan pemerintah membuka lowongan pegawai negeri sipil khusus difabel untuk memberikan kesempatan yang sama dengan non-disabilitas. Tentu saja dengan syarat-syarat tertentu di masing-masing instansi yang dibutuhkan. Meski masih sedikit, hal ini merupakan kemajuan dalam menciptakan Indonesia Ramah Disabilitas.

– Bekerja di lembaga masyarakat
Sebagai penyandang disabilitas dengan mental yang kuat, alangkah baiknya bekerja di lembaga swadaya masyarakat yang menangani isu disabilitas. Dengan pengalaman yang dimiliki, Anda dapat berbuat sesuatu untuk mengurangi isu disabilitas. Hal ini tentu saja akan memberikan kepuasan lebih, dari sisi karir maupun aktualisasi diri. Sehingga sebagai sesama penyandang disabilitas, mampu memberikan manfaat bagi kaum difabel lainnya.